Wisata Edukasi Sejarah

 

Untuk meningkatkan wawasan kebangsaan bagi anak-anak Yatim generasi bangsa Yayasan Rindang Indonesia melaksanakan program Wisata Edukasi Sejarah ke Museum Pancasila Sakti tepatnya di kelurahan Lubang Buaya, Jakarta Timur.

 

Wisata Edukasi Sejarah sekaligus Santunan Yatim & Dhuafa kali ini mengusung tema

” Bangsa yang bijak adalah bangsa yang mengenal sejarahnya”

diadakan hari Jum’at, (22/03/18).

Acara ini dimeriahkan dengan pertunjukan sulap oleh salah satu Magician ternama nasional, Bastian Pionit. Diikuti oleh 100 anak yatim & dhuafa dan dibimbing oleh para volunteer yayasan  serta dihadiri pula oleh beberapa Donatur.

Perjalanan dimulakan dari sekretariat yayasan   berangkat pukul 07.00 WIB dengan menggunakan 8 unit kendaraan , tiba di lokasi  pukul 07.30 WIB, peserta langsung masuk dan berkumpul di Pendopo Museum Nasional Pancasila Sakti.

Selanjutnya  acara dimulakan dengan menonton pertunjukan singkat film dokumenter G-30 S/PKI  kurang lebih 30 menit di gedung Paseban dipandu oleh Bpk. Ahmad, usai menonton film selanjutnya para peserta berkumpul dan dipandu langsung oleh Bpk. Rahmad selaku petugas Museum, setelah mendapatkan arahan anak-anak diajak untuk keliling melihat sejarah pemberontakan G-30 S/ PKI dan dijelaskan satu persatu peristiwa yang terjadi saat itu, termasuk melihat langsung sumur tempat para jendral dikubur.

Keliling dilanjutkan ke gedung untuk melihat sejarah pembentukan PKI serta sepak terjangnya hingga perkembangan faham komunis yang ada diseluruh Indonesia.

Usai berkeliling acara dilanjutkan dengan pertunjukan  sulap yang dimainkan dan melibatkan peserta anak-anak yatim semakin membuat suasana meriah, rasa lelah berkeliling terbayarkan dengan pertunjukan tersebut, rona kebahagiaan terpancar dari raut wajah ceria nan polos anak-anak yatim diwarnai gelak tawa dan canda mereka.

Acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah, pemberian bingkisan dan santunan, karena saat itu bertepatan dengan hari Jum’at maka diadakan sholat jum’at bersama di Mushola yang ada di lokasi museum dengan Imam dan Khatib Ust.O. Kosasih  dan disambung dengan Istighosah dan do’a bersama untuk para Pahlawan Bangsa dan juga untuk seluruh Donatur Yayasan Rindang Indonesia.

Semoga diwaktu mendatang kita bisa terus berbagi kebahagiaan dan berbagi ilmu pengetahuan untuk generasi penerus bangsa khususnya kaum yatim dan dhu’afa binaan Yayasan Rindang Indonesia.

Terimakasih dan apresiasi kepada seluruh donatur, relawan dan seluruh pihak yang menyokong acara ini.

Akhirnya hanya kepada Allah SWT jualah kita berharap.

 

Jazakumullah khoiron

 

Aamiin Alhamdulillah

Red.

POST REPLY