manfaat sedekah kepada anak yatim piatu | Yayasan Rindang Indonesia

Rasulullah saw sangat perhatian terhadap anak yatim piatu. Baginda saw begitu melindungi serta menjamin kebutuhan hidup mereka. Hal tersebut selalu dianjurkan serta dipesankan kepada umatnya dalam tiap keadaan. Hal inilah yang membuat keutamaan dan manfaat sedekah kepada yatim piatu sangat luar biasa. Adapun anak yatim piatu ialah anak yang yang tidak lagi mempunyai ayah dan ibu. Yatim memiliki arti yaitu seseorang yang tidak memiliki ayah, sementara piatu ialah seseorang yang tidak memiliki ibu lagi.

Dalam ajaran Islam, semua anak yatim piatu mendapat perhatian khusus yang melebihi anak-anak yang masih mempunyai kedua orang tua. Islam memerintahkan kita untuk senantiasa memperhatikan nasib mereka. Untuk selalu berbuat baik kepada mereka, mengurus, serta mengasuh mereka hingga dewasa. Bagi orang-orang yang bersungguh-sungguh menjalankan perintah ini akan diberikan nilai yang sangat istimewa oleh Allah SWT. Adapun manfaat sedekah kepada yatim piatu akan kami bagikan selengkapnya untuk anda.

Manfaat Sedekah Kepada Yatim Piatu

Anda akan mendapatkan banyak manfaat ketika memberi sedekah kepada anak yatim piatu. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat sedekah kepada yatim piatu, simak saja ulasan lengkapnya berikut ini.

Menyejukkan hati

Salah satu petunjuk bagi umat Islam yang ingin menenangkan batin serta mendamaikan hati ini ialah dengan mendekati anak yatim, terlebih lagi yatim piatu. Beri makan dan minum serta usap kepala mereka ialah simbol kepedulian dan juga perhatian serta tanggung jawab terhadap anak yatim piatu. Di sisi lain perbuatan tersebut merasuk ke dalam batin, mendamaikan perasaan, dan menenteramkan hati. Berbagai ayat al-Quran dan hadits Nabi banyak membicarakan mengenai betapa mulianya kedudukan anak yatim piatu di mata Allah SWT.

Dilipat gandakan hartanya

Dalam QS Al-Baqarah ayat 261 disebutkan bahwa orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah SWT diumpamakan seperti sebutir biji yang menumbuhkan banyak tangkai dengan setiap tangkainya tumbuh banyak biji. Allah SWT melipat gandakan untuk siapa saja yang Dia kehendaki. Bersedekah tidak akan mengurangi harta, namun justru harta tersebut akan dilipat gandakan.

Sedekah membuka pintu rezeki

Orang-orang yang melakukan sedekah, maka tiada kerugian yang dia dapatkan. Dengan bersedekah, maka pintu rezekinya juga akan terbuka. Orang yang bersedekah telah dido’akan oleh malaikat supaya rezekinya diganti. Sedekah meskipun kecil nilainya namun sangat berharga di mata Allah SWT. Lain halnya untuk orang yang pelit dan kikir, ia akan merugi di dunia maupun di akhirat.

Baca Juga : Keutamaan sedekah bagi umat muslim

Sedekah menjauhkan dari api neraka

Allah SWT berfirman bahwa salah satu ciri orang bertaqwa yang akan masuk surga adalah orang yang bersedekah saat lapang maupun sempit. Bersedekah tidak harus dilakukan pada waktu lapang saja, melainkan juga kala waktu sempit. Manfaat sedekah juga sedemikian banyaknya, akan lebih baik jika kita mengamalkannya. Segala berkah yang diberikan adalah ganjaran untuk orang yang mau bersedekah. Sebenarnya seluruh harta yang kita miliki kesemuanya dari Allah SWT, maka lebih baik apabila kita mengembalikannya kembali kepada Allah SWT dengan cara bersedekah.

Amalan sedekah tidak akan putus meski sudah meninggal dunia

Semua amalan manusia yang sudah meninggal dunia akan terputus, kecuali 3 perkara. Adapun 3 perkara tersebut ialah sedekah jariyah, ilmu bermanfaat, dan do’a anak sholeh yang mendoakannya (kedua orangtua). 3 amalan ini memiliki pahala yang akan terus mengalir meskipun kita sudah meninggal. Oleh karena itu, alangkah baiknya kita mengamalkan 3 amalan tersebut sebelum ajal datang menjemput kita.

POST REPLY