Manfaat dan berkah Sedekah kepada Anak Yatim

Manfaat dan berkah Sedekah kepada Anak Yatim-Dalam ajaran agama Islam, sedekah termasuk amal ibadah yang sangat dianjurkan. Sedekah ini tidak dibatasi oleh jumlah maupun waktu serta diberikan secara sukarela dan ikhlas dengan mengharap ridho dari Allah SWT. Sedekah itu sendiri terdiri dari berbagai macam, salah satunya ialah sedekah anak yatim. Ada banyak keutamaan sedekah anak yatim yang akan kita dapatkan nantinya. Manfaat sedekah anak yatim tersebut tentunya akan membantu kita di akhirat kelak.

Memberikan sedekah kepada anak yatim sangatlah berguna untuk mereka dan juga diri kita sendiri. Ada banyak sekali manfaat sedekah anak yatim yang akan kita dapatkan. Anda tentu telah mengetahui bahwa dengan bersedekah, maka kita akan menabung kebaikan dan tentunya akan mendapatkan pahala. Hal ini dikarenakan, sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan harta. Akan tetapi, sedekah mencakup segala amal baik.

 

Sekecil apapun sedekah yang kita lakukan, Allah SWT akan membalasnya hingga berlipat-lipat ganda. Berikut adalah berbagai manfaat sedekah anak yatim yang perlu anda ketahui selengkapnya untuk anda.

Mendapat perlindungan di hari kiamat

Rasulullah saw pernah bersabda bahwa di hari kiamat Allah SWT tidak akan memberi azab kepada orang yang telah mengasihi anak yatim, ramah kepadanya, dan juga bertutur kata manis. Orang yang benar-benar menyayangi anak yatim serta memaklumi kelemahannya, dan juga tidak menyombongkan diri pada tetangganya karena kekayaan yang diberikan Allah kepadanya.

Pahala sedekah anak yatim setara dengan jihad

Rasulullah saw. bersabda bahwa siapapun yang telah mengasuh tiga anak yatim, maka dia akan seperti bangun di malam hari dan juga melakukan ibadah puasa di siang harinya. Tak hanya itu saja, dia juga seperti orang yang keluar tiap pagi dan sore untuk menghunus pedangnya dalam berjihad di jalan Allah SWT.

Masuk surga dengan mudah

Rasulullah saw. pernah bersabda bahwa barang siapa yang memelihara anak yatim di antara kaum muslimin untuk memberikan makan serta minum, maka Allah akan memasukkannya ke surga. Namun kecuali apabila dia sudah melakukan dosa yang tidak dapat diampuni.

Baca Juga : Keistimewaan sedekah di hari jumat

Menempati kedudukan yang tinggi di surga

Untuk siapapun yang suka menyantuni anak yatim semasa di dunia, maka dia akan mendapatkan kedudukan tinggi di surga bahkan dekat dengan kedudukan Rasulullah saw. Hal ini dijelaskan oleh Dari Sahl bin Sa’ad radhiallahu ‘anhu yang berkata bahwa Rasulullah saw pernah bersabda, “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian Rasulullah saw mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah Rasulullah saw, serta agak merenggangkan keduanya.

Menutup aib

Sedekah bukan hanya menutup aib di dunia, namun juga bisa menutup aib manusia di akhirat. Dalam sebuah syairnya Imam Syafii berkata, “Jika engkau memiliki aib di antara manusia. Dan kau ingin aib itu tertutupi. Maka tutuplah aib itu dengan sedekah. Sebab tidak ada orang yang bersedekah dicela”

Membawa berkah dan menyuburkan harta

“Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Serta Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa.” (QS Al-Baqarah: 276). Dalam ayat lain Allah berfirman, “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 261).

POST REPLY